Home » » SAMASEKALI HIDUP BARU

SAMASEKALI HIDUP BARU

Written By Alkitab Asli on Thursday, September 13, 2012 | 10:34 AM

SAMASEKALI HIDUP BARU

"yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya." (Efesus 4:22-24).

Pertobatan adalah suatu pekerjaan yang paling banyak tidak menghargainya. Bukanlah suatu hal yang kecil untuk mengubahkan yang bersifat duniawi, pikiran yang mencintai doss dan mengalihkannya untuk memahami kasih Allah yang tak terlukiskan itu, kasih karuniaNYA yang sangat elok itu, dan kemuliaan Allah itu, sehingga jiwa itu diresapkan dengan kasih ilahi dan diikat dengan segala rahasia jiwa itu diresapkan dengan kasih ilahi dan diikat dengan segala rahasia sorga.

Bilamana ia mengerti segala perkara ini, maka kehidupannya yang lalu tampak menjijilkkan dan kebencian baginya. Ia benci dosa, lalu ia datang dengan hati yang patah ke hadapan Allah, ia peluk Kristus sebagai hidup dan kesukaan jiwanyam Ia meninggalkan kesukaan-kesukaan hati yang dahulu. Sekarang ia mulai berpikir baru, kasih sayang yang baru, kesukaan yang baru, kemauan yang baru; sehingga segala dukacitanya, kerinduan hatinya dan cinta kasihnya semuanya menjadi baru... Sorga, yang tadinya tidak menarik hatinya, sekarang dipandangnya di dalam kesempurnaan dan kemuliaan; lalu ia mengangan-angankan tempat itu sebagai tempat tinggalnya dikemudian hari, dimana ia akan melihat Dia yang penuh kasih dan pujian yang telah menebus dirinya dengan darahNYA yang mahal itu. Pekerjaan penyucian yang tampaknya sangat membosankan hati, sekarang menjadi kenikmatan baginya. Firman itu dipandangnya sebagai surat yang ditulis kepadanya dari Allah yang berisi kata-kata yang kekal. Cara berpikirnya, ucapan-ucapannya, dan perbuatannya disesuaikannya dengan firman itu. Ia merasa gentar atas segala perintah dan ancaman hukum yang tertera di dalamnya, dan pada saat itu pula ia memegang teguh segala perjanjian yang terdapat di dalamnya serta menguatkan jiwanya oleh menyesuaikannya kepada dirinya sendiri.

Apabila kasih karunia Kristus yang mengubahkan itu berada di dalam hati, suatu amarah yang benar akan mendiami jiwa oleh sebab orang berdosa itu telah begitu lama melalaikan keselamatan besar yang telah disediakan Allah baginya. Kemudian ia akan menyerahkan dirinya sendiri, tubuhnya, jiwanya dan rohya kepada Allah dan akan mengundurkan dirinya dari persahabatan dengan setan, melalui kasih karunia yang Allah anugerahkan kepadanya.

Semua orang wajiblah mengerti proses pertobatan itu. Buah pertobatan itu dapat dilihat dalam hidup yang sudah diubahkan.
Share this article :

Post a Comment