Home » » ARTI PENGAMPUNAN

ARTI PENGAMPUNAN

Written By Alkitab Asli on Thursday, September 13, 2012 | 10:21 AM

ARTI PENGAMPUNAN

"Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?" (Mikha 7:18).

Pengampunan Allah bukanlah semata-mata tindakan berdasarkan hukum oleh mana kita dibebaskan dari penghukuman. Bukan pula hal itu cuma pengampunan untuk dosa, melainkan mengubahkan hidup dari keadaan berdosa. Pengampunan itu adalah pencurahan kasih penebusan yang mengubahkan hati. Raja Daud mempunyai pandangan yang benar tentang pengampunan dan apabila ia berdoa, ia berseru," Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!" (Mazmur 51:10).

Jikalau engkau maju selangkahpun ke depan di dalam pertobatan menuju Dia, maka Ia segera memeluk engkau dengan kedua tanganNYA yang penuh kasih yang tak terhingga itu. Telinganya terbuka mendengar seruan hati orang yang penuh penyesalan akan dosa-dosanya. Apa saja yang dimohonkan hati kepada Allah adalah nyata kepadaNYA. Tidak pernah sebuah doa dipersembahkan meskipun dengan terputus-putus, tidak pernah air mata dicucurkan meskipun tersembunyi, tidak pernah kerinduan kepada Allah disampaikan dengan penuh kasih, meskipun lemah, melainkan Roh Allah saja yang keluar menemuinya. Walaupun sebelum doa di ucapkan atau isi hati dinyatakan, kasih karunia Kristus keluar menuju kasih yang sedang bekerja pada jiwa manusia.

Bapamu yang di sorga akan menanggalkan dari padamu pakaian yang sudah dicemarkan oleh dosa. Hal ini digambarkan di dalam perumpamaan yang indah dalam nubuat nabi Zakharia tentang imam besar Yosua, yang sedang berdiri memakai pakaian kotor di hadapan malaikat Tuhan, "Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya." Dan kepada Yosua ia berkata: "Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian pesta." Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya," (Zakharia 3:4-5). Dengan demikian Allah akan
mengenakan kepadamu "pakaian keselamatan" dan menyelubungi tubuhmu "dengan jubah kebenaran." (Yesaya 61:10).

Ia berkata, "Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu, Aku akan mengizinkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini." (Zakharia 3:7)- baik diantara malaikat-malaikat kudus yang berkeliling takhta-NYA.
Share this article :

Post a Comment