Home » » PENGAKUAN YANG SUNGGUH-SUNGGUH

PENGAKUAN YANG SUNGGUH-SUNGGUH

Written By Alkitab Asli on Thursday, September 13, 2012 | 10:19 AM

PENGAKUAN YANG SUNGGUH-SUNGGUH

"Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." (1 Yohanes 1:9).

Rasul berkata, "Hendaklah kamu saling mengaku dosamu yang saling mendoakan, supaya kamu sembuh." Yakobus 5:16. Orang yang mau mengaku dosa kepada Allah, hanyalah orang yang mau mengampuni dosa mereka satu sama lain. Apabila engkau melakukan perbuatan yang salah kepada temanmu atau kepada tetanggamu, wajiblah engkau mengakui kesalahanmu itu, maka Iapun akan mengampuni engkau. Kemudian barulah engkau berusaha mencari pengampunan Allah, sebab saudara yang engkau sudah sakiti itu adalah juga milik Allah dan bila engkau melukai hatinya, engkau juga telah berdosa terhadap Khaliknya...

Pengakuan yang benar selalu muncul dari hati yang tulus ikhlas serta mengakui segala dosa yang khusus. Mungkin dosa-dosa itu sebagai pembawaan yang cukup saja dihadapkan dihadapan Allah: mungkin kesalahan yang harus diakui kepada seseorang yang telah kita lukai hatinya; atau mungkin kesalahan yang bersifat umum, dan kemudian haruslah diakui dihadapan orang banyak. Akan tetapi yang terutama bahwa semua pengakuan hendaknya pasti dan mengenai sasaran, yakni mengakui kesalahan-kesalahan yang engkau telah perbuat.

Banyak dan sangat banyak pengakuan yang tidak perlu diucapkan didengar oran-orang yang tidak patut mendengarnya; karena ada akibat yang mungkin, yakni orang-orang yang terbatas pengertian dan pertimbangannya tidak dapat memahami hal itu lebih dahulu... Allah lebih dipermuliakan jika pada waktu kita mengakui hati yang berisi dosa rahasia dan bejat itu kepada Yesus saja daripada kita membukakan kesalahan itu kepada orang yang terbatas pengertiannya dan sering bersalah yang tidak dapat mengadakan pertimbangan dengan baik kecuali hatinya tetap diresapkan dengan Roh Allah... Jangan pernah engkau memaparkan berita ketelinga orang yang seharusnya hanya Allah saja yang patut mendengarnya.

Pengakuan sebagai kecurahan jiwa yang paling dalam dan rahasia menemukan jalannya menuju Allah yang penuh belas kasihan yang tak terhingga.

Mungkin dosamu bertumpuk sebesar gunung di depanmu; akan tetapi bilamana engkau merendahkan hatimu, mengakui dosa-dosamu, percaya kepada jasa-jasa Juruselamat yang sudah disalibkan dan bangkit kembali, maka Ia mau mengampuni dan menyucikan kamu dari segala kejahatan... Biarlah engkau merindukan kegenapan kasih karunia Kristus itu. Biarlah hatimu dipenuhi dengan kerinduan yang sungguh-sunggu hendak memperoleh kebenaranNYA.
Share this article :

Post a Comment