Home » » DUKACITA KARENA DOSA

DUKACITA KARENA DOSA

Written By Alkitab Asli on Thursday, September 13, 2012 | 10:18 AM

DUKACITA KARENA DOSA


"Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus." (Kisah Para Rasul 3:19-20).

Syarat-syarat untuk memperoleh rahmat Allah sederhana sekali, adil dan pantas. Tuhan tidak menuntut kita melakukan suatu perkara yang mendatangkan bencana supaya dosa kita diampuni. Kita tidak perlu mengadakan pengembaraan yang jauh-jauh dan melelahkan, atau menyakiti tubuh untuk penebusan dosa, untuk memujikan diri kita kepada Allah yang di sorga, atau mengadakan sendiri penebusan atas pelanggaran kita; melainkan orang yang mengakui dan meninggalkan dosanya akan memperoleh rahmat.

Pertobatan termasuk di dalamnya hati yang hancur oleh karena dosa, dan berbalik dari dosa itu. Akan tetapi tidak akan ada perubahan hidup yang sungguh-sungguh jikalau kita baru menyatakan dosa itu dosa setelah kita melihat akibatnya yang buruk-buruk.

Seberkas sinar kemuliaan Allah, satu seri cahaya kesucian Kristus dapat menembus celah-celah jiwa, membuat setiap noda dengan jelas, dan membentangkan kejelekan dan kekurangan-kekurangan tabiat manusia. Terang itu membuat jelas kelihatan segala keinginan hati yang najis, ketidak percayaan hati, serta ucapan bibir yang kotor. Tindak tanduk orang berdosa yang tidak setia dan menyia-nyiakan hukum Allah akan dibukakan kepadanya, lalu jiwanya akan terpukul dan didukakan oleh gerakan Roh Allah.

Cucuran air mata orang yang hendak bertobat hanyalah titisan hujan yang mendahului sinar matahari kesucian. Dukacita seperti ini memaklumkan suatu sukacita yang kelak menjadi mata air yang memancar di dalam jiwa. "Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap Tuhan, Allahmu";"Mukaku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman Tuhan." Yeremia 3:13. "Kepada mereka yang meratap di Sion,"Ia sudah berjanji mengaruniakan "perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar." Yesaya 61:3
Share this article :

Post a Comment