Home » » Di Dalam Badai

Di Dalam Badai

Written By Alkitab Asli on Tuesday, September 11, 2012 | 3:22 PM

Mejaga Keluarga Kita Dari Batu Yang Menghancurkan

Bayangkan sebuah badai keras di Laut Mediterania sekitar 2.000 tahun yang lalu: Sebuah kapal kayu kecil berusaha keras untuk tetap bertahan, pelaut berusaha mengeluar- kan air dari dalam kapal, membawa turun sisa-sisa sobekan layar besar, mendayung sekuat mungkin untuk mencapai tujuan mereka. Di antara gelombang yang mengamuk dan awan yang marah, petunjuk dari garis pantai tiba-tiba muncul. Ini bisa berarti berita baik juga berita buruk. Kedekatan ke pantai berarti perairan tenang dan mudah-mudahan—dapat bertahan hidup. Hal ini bagaimanapun juga bisa ada batu karang berbahaya yang dapat menghancurkan perahu yang rapuh dan mengakibatkan kematian. Busa laut yang kejam; menyemprot ke udara. Sang kapten membuat keputusan putus asa. Tidak mengetahui posisi yang tepat, ia memutuskan untuk menurunkan jangkar untuk menjaga perahu agar tidak hancur oleh batu karang. Tiga, empat pelaut memasang satu, kemudian dua, akhirnya tiga jangkar batu yang berat ke laut. Tali yang menghubungkan jangkar ke perahu dikencangkan. Akankah jangkar tersebut bertahan? Akankah jangkar menjaga kapal dari menghancurkan ke dalam batu di garis pantai?

Cukup menarik untuk mengenal jangkar kuno. Jangkar tersebut berat, dan sering mengandung batu prasasti, dan berfungsi penting saat perjalanan maritim dan perdagangan untuk menghubungkan daerah-daerah yang sulit dijangkau melalui darat. Beberapa bulan yang lalu saya melihat beberapa jangkar Romawi di lokasi Kaisarea Maritima, kota yang dibangun oleh Herodes Agung di Pantai Mediterania, yang membuat saya berpi kir.


Badai Hubungan

Elkana mengenai berbagai badai—terutama badai keluarga. Setelah dia menikah dengan Hana, mereka telah berharap menunggu bertahun-tahun untuk seorang anak—tetapi tidak pernah datang. Tanpa ahli waris dan putus asa untuk menga- mankan masa depan keluarganya, Elkana akhirnya mengambil istri kedua, Penina. Ia melahirkan anak dan terus-menerus membiarkan Hana, istri pertama, tahu tentang hal itu (1 Sam 1:2, 6). Pada saat yang sama Elkana mencintai Hana lebih dari Penina (ayat 4, 8). Anda pasti ingat cerita tersebut: Resep untuk mereka yang memiliki badai dalam hubungan dan keluarga tidak bahagia.

Pertama Samuel pasal 1 bercerita tentang kunjungan keluarga tahunan ke Silo, tempat di mana bait suci terletak dan di mana setiap bangsa Israel harus datang setahun sekali untuk mempersembahkan korban. Kita menemukan Hana menangis tak terkendali di bait suci (ayat 10). Eli, seorang imam yang melayani di bait suci, berpikir bahwa ia mabuk dan menegur dia (ayat 13, 14). Tanpa suara mulutnya bergerak saat ia mencurah- kan sakit hatinya di hadapan Tuhan. Dan kemudian hal itu terjadi: “TUHAN semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya” (ayat 11). Di tengah-tengah badai Hana melempar keluar sebuah jangkar. Sumpahnya sangat spesifik dan, mengingat hukum Israel, hal itu perlu setujui oleh suaminya (Bil. 30:7-9). Saya ingin tahu apa yang dia rasakan saat mendengar kata-kata meyakinkan imam Eli: “Pergilah dengan selamat” (1 Sam 1:17). Apakah hatinya bergejolak? Apakah harapan itu mengecewakan bagaikan tembakan kecil ke dalam tanah kering dari hati sedihnya? Apakah yang dia katakan kepada Elkana? Kita tidak diberitahu—kita hanya tahu bahwa Elkana tidak menghalangi sumpahnya dan bahwa Allah mengingat Hana (ayat 19, 20).


Sinar Matahari

Pada setiap akhir badai ada sinar matahari. Kelahiran Samuel kecil (yang namanya berarti “Tuhan telah mendengar”) harus membawa sinar matahari dan sukacita kepada Hana dan kehidupan Elkana. Tuhan telah benar-benar mendengar jeritan hati mereka dan mereka siap untuk menghormati janji mereka. Kita tidak terlalu yakin berapa lama wanita Israel pada umumnya menyapih anak-anak mereka. Menurut teks kuno Timur Dekat, seorang anak mungkin tidak disapih sampai 3 atau 4 tahun. 1 Waktu berlalu dengan cepat, dan Hana menghabiskan waktunya dengan bijaksana bersama Sa- muel kecil. Menuangkan semua kasih dan kebijaksanaan dalam beberapa tahun yang singkat, ia meletakkan dasar batu yang solid.

Hana mengetahui sesuatu tentang Silo yang mana kita, sebagai pembaca, hanya mengetahui rahasia setelah dia menyerahkan anaknya kepada asuhan Imam Eli di bait suci. Sebagaimana kisah yang telah terungkap, kita tahu bahwa anak Imam Eli—imam generasi berikutnya—adalah manusia pria yang “rusak” (1 Sam. 2:12-17).


Tertambat Dalam Kasih

Bagaimanakah perasaan Anda jika Anda tahu bahwa Hana tahu tentang keadaan di Silo? Saya pikir saya akan mencoba untuk menegosiasikan kembali sumpah dengan Allah. Setelah semuanya, Allah tidak senang mengetahui bahwa seorang anak akan tunduk pada pengaruh jahat. Kemungkinan besar Hana bisa saja menegosiasikan agar Samuel datang di hadapan Tuhan di kemudian hari. Dia bisa saja bahkan merasionalisasikan jalan keluar dari sumpahnya dengan menggunakan ayat-ayat Alkitab.

Namun bukan itu yang dia lakukan. Karena dia telah menemukan jangkar dalam Tuhan dan telah menghabiskan tiga atau empat tahun membangun dasar yang kuat dalam hati Samuel, dia mengembalikan hadiahnya yang paling berharga bagi Pemberi semua hadiah. Dia tampaknya tahu—secara naluri dan dengan pengalaman—bahwa anak ini adalah anak Tuhan dan bahwa Tuhanlah yang akan merawatnya.

Ya, Tuhan memberikan anak yang lain baginya (ayat 21). Dan ya, dia akan melihat Samuel setidaknya sekali setahun ketika dia membawa jubah baru bagi Samuel yang dia telah pintal, tenun, dan jahit dengan berhati-hati selama bulan-bulan yang sepi di rumah (ayat 19). Tapi Samuel adalah anak Allah, yang telah dipanggil untuk tujuan khusus dan terdaftar di akademi pelatihan yang unik.


Jangkar Kita

Sekian banyak rumah tangga saat ini di seluruh dunia menemukan diri mereka dalam badai yang berat. Kita terus terlalu sibuk, dan kita tidak pernah punya waktu yang cukup. Kita sangat terganggu dan memiliki waktu yang sulit memahami satu sama lain. Kita berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita dan lupa bahwa yang terbaik bagi anak-anak kita tidak berhubungan dengan gadget, mobil, atau liburan mahal. Kita perlu jangkar yang menjaga kita agar tidak menabrak batu-batu di sekitar kapal kita.

Ibrani 6:19 menggunakan metafora jangkar dengan cara yang menarik: “Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,...” harapan ini tidak dibangun pada manusia atau hal-hal atau bahkan iman kita dan komitmen. Harapan ini berpegang pada Yesus, Imam Besar kita, yang telah memasuki bait suci untuk memohon demi kita.

Hana bertahan dengan iman—bahkan ketika ia mengha- dapi tantangan dalam menempatkan anak yang diberikan Tu- han ke tangan yang lemah, meskipun bermaksud baik, imam tua di Silo. Keluarga-keluarga kita, yang baik, yang rata-rata, yang bermasalah atau bahkan tidak berfungsi semestinya, dapat bertahan karena mereka dapat mengklaim jangkar yang memegang mereka bersama-sama dan membuat mereka jauh dari batu yang mengancam menghancurkan kapal. Ini saatnya untuk membiarkan jangkar turun—dan bertahanlah.

1. Gerald A. Klingbeil adalah seorang Associate Editor Adventist World. Bersama Chantal, istrinya, mereka hidup bahagia memperhatikan tiga putri mereka yang menghadapi badai masa remaja. 

Gerald A. Klingbeil adalah seorang Associate Editor Adventist World. Bersama Chantal, istrinya, mereka hidup bahagia memperhatikan tiga putri mereka yang menghadapi badai masa remaja.
Share this article :

Post a Comment